Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Sempro dan Sidang Skripsi Yang Harus Diketahui

Penjelasan Sempro  dan Sidang Skripsi Yang Harus Diketahui - Bagi para mahasiswa mungkin sudah tidak asing akan istilah "SEMPRO". Apa teman-teman sudah mengetahui atau sudah pernah mendengar istilah sempro ini?
Penjelasan Sempro dan Sidang Skripsi Yang Harus Diketahui

Jika teman-teman belum mengetahui akan pengertian dari sempro. Silahkan simak baik-baik penjelasan saya berikut ini mengenai sebuah istilah kata sempro yang sangat familiar dikalangan kampus dan mahasiswa ini.

Baca: Cara membuat Footnote dari Internet

Arti Sempro

Sempro adalah sebuah singkatan dari kepanjangan istilah seminar proposal skripsi. Setiap mahasiswa yang melakukan studi pada akhir semesternya pasti akan menghadapi ujian skripsi ini.

Adapun seminar proposal ini merupakan sebuah tahapan paling awal bagi para mahasiswa sebelum mereka maju dalam menghadapi ujian skripsi munaqosah.

Pada beberapa kampus di Indonesia, sempro merupakan sebuah hal yang konteksnya adalah memberikan sebuah penjelasan dari isi bab satu sampai bab tiga kepada para penguji proposal skripsi.

Baca: Cara tidak grogi berbicara di depan umum

Perbedaan Sempro dan Sidang Skripsi


Seminar proposal memiliki sebuah perbedaan dengan sidang skripsi. Bagi kalian yang belum pernah menjalani sidang skripsi, pasti muncul dibenak kalian apa perbedaan antara sempro dan sidang skripsi.

Perbedaan Sempro dan Sidang skripsi yang paling umum diantaranya adalah:
  1. Jika seminar proposal, Mahasiswa harus menyelesaikan bab 1 sampai bab 3 saja. Sementara sidang skripsi, Mahasiswa harus dituntut selesai sampai pada akhir bagian skripsi yaitu penutup.
  2. Seminar proposal adalah sebuah langkah awal menuju sidang skripsi. Sementara sidang skripsi adalah langkah awal menuju wisuda.
  3. Mahasiswa yang sudah melaksanakan sidang skripsi pasti mereka sudah melalui sidang sempro
  4. Penguji dalam sempro cenderung tidak sekritis penguji sidang skripsi
Tips dari saya: Dalam menghadapi seminar proposal, kalian harus mengetahui beberapa hal yang wajib kalian kuasai

Baca: Kata pembuka seminar proposal sopan dan menarik

Teknis Seminar Proposal


Dalam menghadapi seminar proposal skripsi ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Dalam hal ini setiap kampus memiliki sebuah kebijakan dan progam yang berbeda-beda.

Namun, karena saya merupakan seorang mahasiswa yang dulu pernah merasakan sidang seminar proposal skripsi, maka saya disini akan memberikan sebuah referensi pengalaman pada saat saya seminarkan proposal saya.

Adapun beberapa hal yang harus ditetapi oleh mahasiswa yang ingin mengikuti sidang awal skripsi ini sebagai berikut:
  1. Persetujuan Judul
  2. Surat tugas
  3. Surat keterangan skripsi
  4. Persetujuan Pembimbing
  5. Persetujuan penelitian
  6. Skripsi BAB I - BAB III
Hal diatas merupakan sebuah faktor yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebelum maju dalam sidang sempro skripsi.
Itulah penjelasan Sempro yang dapat saya bagikan melalui blog pribasi saya ini, semoga dapat membantu teman-teman menuju ujian sidang skripsi.